Pengumuman

ZIARAH ROHANI STIPAR ENDE

ENDE. 28-29 OKTOBER 2022
ZIARAH ROHANI STIPAR ENDE

     Dalam tradisi Katolik, Gua Maria adalah tempat yang dipusatkan untuk melakukan ziarah dan devosi kepada Maria. Tempat-tempat tersebut dapat ditetapkan sebagai tempat ziarah karena pertimbangan penampakan supranatural Maria ataupun faktor sejarah sebagai tempat devosi dan ziarah umat Katolik setempat. Pada tanggal 28 dan 29 Oktober 2022, segenap keluarga besar civitas akademika Sekolah Tinggi Pastoral Atma Reksa (STIPAR) Ende melakukan kegiatan rohani berupa ziarah. Kali ini, segenap keluarga besar civitas akademika STIPAR Ende mengunjungi sebuah gua Maria yang berlokasi di Nangakeo. 

   Adapun tujuan dari kegiatan ziarah rohani tersebut adalah sebagai bentuk devosi kepada bunda Maria dan untuk menutup kegiatan doa Rosario di bulan Oktober. Sebagaimana hasil pantauan penulis, rangkaian kegiatan devosi berupa doa Rosario bersama di depan gua Maria berjalan dengan lancar. Tampak beberapa peserta ziarah berdoa dengan khusyuk dibawah teriknya matahari. Setelah kegiatan doa Rosario bersama, peserta ziarah diarahkan menuju Kapela St. Petrus untuk mengikuti perayaan Ekaristi. 

   Pastor Frans Betu, selaku pemimpin perayaan Ekaristi, dalam homilinya menegaskan tentang hakikat keteladanan hidup Bunda Maria. Sebagai putra-putri Maria, para peziarah diajak untuk meneladani sikap hidup Maria, dalam kesederhanaan, kerendahan hati, kepedulian dan penuh pengertian. Setelah perayaan Ekaristi, peserta ziarah bergegas menuju tempat wisata pantai Pu’umbara dan Nangalala. Kegiatan ini cukup komplit, yang mana peserta ziarah tidak hanya mendapatkan kekuatan atau peneguhan rohaniah tetapi juga mendapatkan kekuatan jasmani seusai menatap keindahan alam semesta dan acara santap siang bersama di pantai.

#salamkompak

#stiparende

#stiparfamily  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*