Sejak Jumad-Sabtu (11-12/10/2019) Stipar Ende gelar workshop penelitian untuk para dosen Stipar dengan menghadirkan narasumber, Rd. Fery Dheidhae di ruang pertemuan Stipar. Rd. Fery memberikan pelatihan penelitian untuk para dosen yang dikemas dalam bentuk sharing pengalaman dalam  melaksanakan kegiatan penelitian. Meskipun dikemas dalam nuansa sharing, workshop tetap dilaksanakan secara serius dengan membuat latihan-latihan sederhana dan praktis untuk meningkatkan mutu penelitian.

 

Hari pertama, workshop berfokus pada penelitian kuantitatif dengan mencoba membuat desain penelitian kuantitatif. Para dosen dilatih dari menentukan topik, variabel penelitian, menentukan kategori dan indikator untuk satu tema penelitian jenis kuantitatif. Waktu workshop benar-benar dialokasikan untuk membuat sebuah desain penelitian kuantitatif dengan proses-proses standar dalam penelitian kuantitatif. Naraumber memberikan sebuah contoh desain penelitian, kemudian setelah dipahami, peserta diminta dalam kelompok untuk mendesain sebuah contoh penelitian mulai dari menentukan topik, variabel, kategori, indikator dan tekhnik pengumpulan data. Peserta cukup antusias dalam bertanya dan narasumber bisa secara sederhana menjawab pertanyaan-pertanyaan peserta workshop.

Pada hari ke-2, Workshop dilanjutkan dengan jenis penelitian kualitatif. Narasumber memberikan terlebih dahulu pencerahan singkat tentang kekhasan penelitian kualitatif kemudian dilanjutkan dengan latihan mendesain penelitian kualitatif. Workshop hari ke-2 berlangsung sejak jam 08.00-10.00, amat singkat tetapi memberikan pemahaman yang signifikan untuk menyegarkan kembali pemahaman para dosen tentang penelitian kualitatif. sama seperti pada penelitian kuantitatif, proses yang dilalui pada hari ke-2 juga sama. Para dosen diminta untuk menentukan topik, variabel, Rumusan Masalah dan Tujuan Penelitian hingga bagaimana melaporkan hasil penelitian. Di sela-sela kegiatan, Frando Soy, salah seorang dosen memberikan apresiasi; “workshop ini amat bagus, dan saya merasa terbuka wawasan saya tentang penelitian”. Terima kasih untuk Ketua Sekolah yang telah menjadwalkan kegiatan ini  dan juga terima kasih kepada  Rd. Fery Dheidhae yang telah menjadi narasumber dalam workshop ini. (wil).

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *