Stipar Atma Reksa Ende menggelar Pekan Pengenalan kehidupan Kampus (Pk2) Mahasiswa Baru sejak tanggal 3-7 September 2018. Jumlah peserta PK2 yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 187 orang. Kegiatan ini diisi dengan aneka materi yang bertujuan agar Mahasiswa Baru dapat masuk ke dalam budaya akademik kampus. Kegiatan dibuka dengan ekaristi kudus yang dipimpin oleh Ketua Stipar. Pada hari pertama materi diberikan berkaitan dengan visi-Misi Stipar yang dibawakan oleh Ketua Stipar, Rd. Frederikus Dhedhu, Lic. Ketua Stipar di sela-sela kegiatan mengungkapkan; “Pekan Pengenalan Kehidupan Kampus di Stipar dimaksudkan akan mahasiswa beralih dari budaya Sekolah Menengah kepada budaya akademik di Pendidikan Tinggi. Mahasiswa diharapkan perlahan-lahan mulai menghidupi budaya akademik di Stipar Ende yang dipercaya menjadi lembaga yang mencetak guru agama Katolik, fungsionaris pastoral awam dan wirausahawan Katolik yang bermutu. Pada hari yang sama, juga diselenggarakan Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Pengetahuan Agama sebagai persyaratan untuk kuliah di lembaga Stipar Ende.

Berturut-turut pada hari-hari selanjutnya, diberikan juga materi tentang wawasan kebangsaan, Pendidikan Tinggi di Indonesia, Etika dan pola hidup Mahasiswa Stipar, Kegiatan Akademik Stipar, cara Belajar Efektif, Layanan Perpustakaan, Kebijakann keuangan, Managemen Stres, pengenalan organisasi BEL/BLM, Layanan internet dan membaca serta merenungkan KItab Suci. Seluruh materi PK2 dibawakan oleh para dosen Stipar dan difasislitasi oleh mahasiswa semester IX dan seluruh tenaga kependidikan.

Di sela-sela kegiatan PK2, Mahasiswa Baru melakukan aneka dinamika kelompok dengan tema-tema khusus seperti perkenalan, persaudaraan dan kerjasama. Dinamika ini selain dimaksudkan agar mahasiswa tidak jenuh dalam menjalani proses PK2, lebih dalam dari itu dimaksudkan agar mahasiswa terbiasa dengan kerja sama dan dalam suasana persaudaraan. Ada nilai yang bisa dipetik untuk dihidupi dalam proses pendidikan di Stipar Ende.

Salah seorang mahasiswa Baru, Pius Mbako, mengungkapkan; “kegiatan ini amat bermanfaat sebagai bekal bagi kami dalam menjalani proses pendidikan di Stipar Ende”. Amat diharapkan para Mahasiswa Baru mampu beradaptasi dengan budaya akadmik di Stipar Ende. Selamat kepada Para mahasiswa Baru (Wil).

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *