Sabtu, 10 April 2021 Sekolah Tinggi Pastoral Atma Reksa (Stipar) Ende bekerja sama dengan Ikatan Alumni Stipar (IAS) mengadakan pertemuan virtual bersama para alumni dengan tema “Peran Alumni di Perguruan Tinggi & Reorganisasi dan Penguatan Ikatan Alumni Stipar”. Pertemuan secara virtual ini dimulai pada pukul 09:00 Wita dan dihadiri oleh sekitar 30 partisipan alumni yang berada di beberapa pelosok wilayah dan pulau yang berbeda. Pertemuan ini diawali dengan sambutan dari Ketua Stipar, Frederikus Dhedhu yang sekaligus membuka ruang diskusi. Dalam sambutannya beliau mengatakan kegembiraaan atas kegiatan yang dapat terlaksana ini. Ia juga mengatakan “saat ini dan ke depannya, peran alumni untuk mendukung lembaga Stipar sangatlah urgen dan diperlukan adanya pembuktian dan perwujudan dari peran tersebut”. Jalannya diskusi ini dipandu oleh moderator, Florensia Putri Kusmira yang saat ini menjabat sebagai Ketua BEM Stipar Ende.

            Diskusi ini dibagi menjadi 2 sesi. Sesi pertama untuk materi pertama tentang “Menghidupkan Peran Alumni di Perguruan Tinggi” yang dibawakan oleh Bapak Kristoforus Kopong. S.Fil., M.Hum yang adalah salah satu dosen Stipar Ende, sekaligus Ketua Unit Kemahasiswaan dan Alumni Stipar Ende. Dalam sesi pertama suasana yang tercipta sangatlah komunikatif. Banyak alumni yang menanggapi materi yang sudah disampaikan oleh pemateri dengan mengajukan beberapa pertanyaan dan memberikan masukan bernas untuk pengembangan Stipar ke depannya. Begitupula sesi kedua dengan materi “Reorganisasi Kepengurusan Ikatan Stipar (IAS)” yang disampaikan oleh Bapak Wilfridus A. Lolonrian, S.Ag, M.Th yang adalah salah satu alumni Stipar Ende angkatan pertama sekaligus Ketua Alumni dan saat ini menjabat sebagai Kepala SMAK ST. Petrus Ende. Diskusi pada sesi kedua ini tidak kalah serunya dengan sesi pertama. Bapak Wilfridus dengan ketenangannya membawakan materi, ia memberikan mengisahkan ulang terkait dengan proses pembentukan Ikatan Alumni Stipar, kepengurusan yang sedang aktif serta sentilan bagi para alumni berkaitan dengan kebutuhan urgen lembaga. Tanggapan dari para alumni mengenai hal di atas juga sungguh luar biasa. Bagaimana semangat mereka untuk menghidupkan kembali Ikatan Alumni Stipar dengan membangun komunikasi antar alumni yang sempat terlewatkan dan gairah untuk membahas AD/ART dari Ikatan Alumni Stipar ini.

            Dengan diadakan kegiatan ini, para alumni diharapkan kembali menyadari bahwa pertumbuhan dan perkembangan Stipar saat ini dan ke depannya nanti adalah tanggung jawab bersama. Salah satu komponen yang memegang peran penting adalah para alumni itu sendiri. Maka penyerahan dan pengorbanan dari para alumni untuk bekerja sama dan fokus dalam mendukung Stipar tercinta dengan berbagai bentuk dukungan sangatlah diperlukan.

            Diskusi ini berlangsung hingga pukul 12.30 Wita dan diakhiri dengan kesimpulan dari moderator serta menyanyikan Hymne Stipar secara bersama.

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *